Kenali Tips Dalam Memilih Asuransi Syariah di Indonesia

Asuransi syariah di Indonesia – Asuransi syariah merupakan salah satu produk keuangan syariah yang mungkin pernah Anda dengar sebelumnya. Basisnya memiliki kesamaan dengan produk keuangan syariah lainnya, seperti bank syariah, tabungan syariah, deposito syariah, hingga reksadana syariah yang mana seluruhnya dibuat berdasarkan hukum-hukum di Islam. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi mengenai keabsahan dari produk keuangan tersebut.

 

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi syariah merupakan sebuah usaha untuk saling melindungi serta tolong menolong antara peserta atau pemegang polis. Yang dilakukan oleh perusahaan asuransi syariah adalah dengan melakukan pengumpulan serta pengelolaan dana yang disebut dengan tabbaru’ serta memberikan pola pengembalian yang dapat digunakan untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang dilakukan dengan memegang teguh prinsip-prinsip dari syariah.

 

Tips dalam memilih asuransi syariah

Terdapat beberapa tips dalam memilih asuransi syariah. Tentu setiap asuransi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk asuransi syariah. Namun, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih produk asuransi syariah agar tidak salah dalam melangkah dan juga menginvestasikan dana yang akan Anda bayarkan. Berikut ini beberapa tips dalam memilih asuransi syariah:

1. Ketahui kebutuhan Anda

Anda wajib mengenali tipe asuransi yang cocok dengan kebutuhan Anda dan juga keluarga. Terdapat banyak opsi tipe asuransi, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pendidikan. Terdapat pula asuransi yang memiliki manfaat investasi, seperti asuransi unit link.

 

Bila Anda sedang memerlukan asuransi kesehatan berbasis syariah, pilihlah produk asuransi kesehatan syariah. Jangan malah membeli jenis asuransi lain.

2. Cari rujukan serta tentukan produknya

Saat ini banyak produk asuransi syariah yang diterbitkan oleh perusahaan asuransi. Masing-masing produk asuransinya mempunyai kelebihan serta kekurangan yang berbeda.

 

Anda bisa bertanya kepada orang lain ataupun kerabat dekat yang telah memakai asuransi syariah, mencari data dan penjelasannya di internet terkait produk asuransi syariah yang sekiranya Anda minati. Tidak hanya itu, Anda dapat menyamakan produk asuransi satu dengan yang lain lewat fintech ataupun marketplace produk keuangan.

 

Sehabis menemukan yang cocok, Anda dapat langsung mengajukan asuransi syariah baik secara offline maupun online yang mana cara ini lebih mudah serta instan.

3. Yakinkan terdaftar secara resmi serta diawasi oleh regulator

Pilihlah perusahaan asuransi syariah terpercaya, yang terdaftar formal serta diawasi OJK ataupun DPS, seperti Generali. Anda juga bisa mencari tahu mengenai kredibilitas ataupun rekam jejak perusahaan asuransi tersebut di internet.

 

Baca juga: Sejarah Asuransi Syariah di Indonesia

 

4. Teliti membaca akad asuransi

Akad pada asuransi syariah sangatlah penting. Ini merupakan bentuk perjanjian ataupun semacam kontrak. Pelajari serta pahami isi akad sebelum Anda melakukan tanda tangan persetujuan. Cek lagi secara cermat, sehingga Anda tidak merasa dibohongi ke depannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *