susu perkembangan otak anak

Mengenal Protein Whey Terhidrolisa, Solusi saat Si Kecil Alergi

Beberapa anak mengalami gejala alergi pada makanan, diantaranya yaitu alergi pada susu sapi. Saat ini, susu perkembangan otak anak  telah memiliki kandungan protein whey terhidrolisa. Susu Morinaga Platinum ini telah diformulasikan khusus untuk Si Kecil yang alergi susu sapi. Oleh karena itu, pertumbuhan otak Si Kecil masih bisa optimal meskipun mengalami alergi pada susu sapi.

Mengenal Protein Whey

Protein whey merupakan jenis protein yang mudah dicerna Si Kecil dan mengandung asam amino esensial. Sebenarnya, kebutuhan protein whey dapat diperoleh dari ASI dan susu sapi. Faktanya, kandungan whey dalam ASI lebih banyak dibandingkan susu sapi. Demi mencukupi nutrisi hariannya, Si Kecil harus mengkonsumsi berbagai nutrisi dari dalam susu, termasuk protein whey.

Dalam produksi susu, terdapat teknik hidrolisis parsial yang digunakan untuk memecah partikel protein menjadi lebih kecil. Hal ini dilakukan melalui bantuan enzim dan pemanasan. Teknik ini dapat membantu agar kandungan gizi susu lebih mudah dicerna dan mengurangi risiko alergi pada Si Kecil yang mengalami gejala intoleran pada susu sapi.

Mengenal formula terhidrolisa

Formula terhidrolisa telah diindikasikan bagi Si Kecil yang mengalami gejala alergi pada susu sapi. Pada teknik hidrolisis, protein casein atau whey dari susu sapi akan dipecah menjadi bentuk protein yang lebih kecil.

Formula terhidrolisa memiliki dua jenis, yaitu formula dengan protein terhidrolisa parsial (sebagian) dan formula dengan protein terhidrolisa ekstensif. Pada protein terhidrolisa parsial, protein dipecah menjadi peptida yang masih sering dikenali sebagai protein susu sapi oleh tubuh Si Kecil.

Adapun formula dengan protein terhidrolisa ekstensif yaitu ketika protein dipecah menjadi bagian yang lebih kecil dari peptida. Dengan formula ini, tubuh tidak akan lagi mengenali protein susu sapi. Sehingga tidak menimbulkan reaksi alergi pada susu sapi pada tubuh Si Kecil.

Manfaat protein whey terhidrolisa parsial

Kandungan asam amino esensial pada protein whey terhidrolisa parsial diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan perkembangan otot juga memperbaiki jaringan sel tubuh. Bunda harus tahu, bahwa asam amino ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Bunda dapat memenuhinya dengan asupan tambahan untuk Si Kecil.

Selain itu, Dairy Councils of California menyebutkan bahwa protein secara umum dapat mendukung pertumbuhan tulang yang kuat. Salah satu caranya yaitu dengan mengoptimalkan penyerapan kalsium pada tubuh. Protein juga dapat membantu menjaga berat tubuh Si Kecil tetap stabil, ideal, dan mencegah obesitas.

Keamanan formula protein terhidrolisis parsial untuk Si Kecil

Sekitar 2% hingga 5% bayi yang telah diberi susu sapi pada tahun pertama mengalami alergi. Nah, salah satu solusi agar kebutuhan gizi Si Kecil terpenuhi saat alergi susu sapi yaitu dengan memberikan dia formula terhidrolisa parsial.

Pada Si Kecil yang tidak memungkinkan mendapat ASI, formula terhidrolisa parsial mempunyai kandungan yang bisa memenuhi standar kebutuhan nutrisi. Hal ini juga bisa dipertimbangkan sebagai pengganti formula susu sapi standar. Sebab, formula protein whey terhidrolisa parsial efektif dapat mencegah dermatitis atopik dibandingkan dengan formula susu sapi standar.

Namun, tidak ada bukti data yang bisa menunjukkan adanya hal yang merugikan, ketika diberikan kepada bayi yang normal dan sehat. Oleh karena itu, formula protein whey terhidrolisa parsial dapat diberikan kepada semua bayi yang tidak mengkonsumsi ASI.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai protein whey terhidrolisa parsial yang wajib Bunda perhatikan.

Metades:

Saat ini, susu perkembangan otak anak telah memiliki formulasi protein whey terhidrolisa. Susu ini telah diformulasikan khusus untuk Si Kecil yang alergi susu sapi

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *